PERBEDAAN MODEL KEAMANAN JARINGAN WIRELESS


WEP (Wired Equivalent Privacy)

    WEP adalah security untuk wireless yang lama, Jenis security ini mudah untuk dicrack atau disadap orang luar/suatu metoda pengamanan jaringan nnirkabel. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk authentikasi menuju access point, dan WEP mempunyai standar 802.11b.   
   WEP merupakan sistem keamanan yang lemah, namun WEP biasanya dipilih karena telah memenuhi standar dari 802.11 yakni :
    • Exportable
    • Reasonably Strong
    • Self-Synchronizing
    • Computationally Efficient
    • Optional
    Kelebihan WEP sendiri ialah saat user hendak mengkoneksikan laptopnya, user tidak perlu melakukan perubahan setting apapun, semua serba otomatis, dan saat pertama kali hendak browsing user akan diminta untuk memasukkan Username dan Password. Sedangkan kelemahan WEP ialah masalah keamanan yang lemah, algoritma RC4 yang digunakan dapat dipecahkan. WEP menggunakan kunci yang bersifat statis.

WPA (Wi-fi Protected Access)

      WPA merupakan rahasia umum jika WEP tidak mampu lagi untuk menyediakan koneksi wireless yang aman dari ulah orang usil atau ingin mengambil keuntungan atas apa yang kita miliki. Menyikapi kelemahan yang dimiliki oleh WEP, telah dikembangkan sebuah teknik pengamanan baru yang disebut WPA. WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i
     Teknik WPA yang menggantikan metode keamanan WEP menggunakan kunci keamanan TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) yang mampu berubah secara dinamis. Protokol TKIP akan mengambil kunci utama sebagai starting point yang kemudian secara reguler berubah hinggan tidak ada kunci enkripsi yang digunakan dua kali.
      Kelemahan WPA sampai saat ini adalah proses transmisi data akan lebih lambat dan belum semua wireless mendukung, biasanya butuh upgrade firmware, driver atau menggunakan software tertentu.

WPA2

    WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan Wired Equivalent Privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. 
    WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.
Dalam WPA2 terbagi menjadi 2 update keamanan :
  • WPA2 Enterprise IEEE 802.1x
  • WPA2 Personal

Hotspot Login

    Hotspot adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi sehingga dapat mengakses internet tanpa kabel.
     Hotspot merupakan area dimana seseorang client dapat terhubung dengan internet secara wireless dari PC, laptop, notebook maupun gadget seperti Handphone dalam jangkauan kurang lebih beberapa meter saja tergantung kekuatam frekuensi atau signalnya. Dan untuk hotspot biasanya menggunakan topologi mode Ad Hoc, untuk keamanannya sendiri bisa diatur namun rata-rata sudah menggunakan WPA2.


Keamanan MAC Address Filtering

    MAC Address Filtering merupakan metode filtering untuk membatasi hak akses dari MAC Address. MAC filter merupakan metode sistem keamanan yang baik, karena peka terhadap jenis gangguan seperti pencurian pc card dalam MAC filter. Fungsi MAC filter untuk menyeleksi komputer mana yang boleh masuk dalam jaringan berdasarkan MAC Address.
     Kelemahan MAC Address Filtering bisa diketahui dengan software kisMAC. Setelah diketahui MAC Address bisa ditiru dan tidak konflik walau ada banyak MAC address sama terkoneksi dalam satu AP dan untuk menerapkan dijaringan dengan skala besar akan mengalami tingkat kerumitan yang tinggi.